Kamis, 12 Desember 2019

Jaringan Dasar Komputer

Materi Jaringan Dasar Komputer


Apakah Kalian tau apa itu yang dimaksud Komputer Jaringan Dasar?
Nah pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang Komputer Jaringan Dasar Tersebut.

Secara umum pengertian komputer dan jaringan dasar adalah sekumpulan komputer yang berkomunikasi dengan komputer lainnya menggunakan jaringan secara bersamaan.Jika pengertian jaringan komputer diartikan lebih detail maka dapat diartikan sebagai kumpulan dua komputer atau lebih saling terhubung secara elektronik.Tujuan utama kenapa membentuk jaringan komputer adalah untuk memungkinkan komunikasi data antar pengguna jaringan komputer.

Macam-Macam Jaringan :

LAN(Local Area Network)
LAN, merupakan jaringan yang mencakup wilayah kecil saja seperti warnet, kantor, sekolah. Pada umumnya, jaringan LAN ini mencakup paling jauh berjarak 1 km.
Biasanya jaringan LAN menggunakan teknologi IEEE 802.3. Ethernet yang memiliki kecepatan transfer data sebesar 10, 100, bahkan dapat mencapai 1000 MB/s.
Selain menggunakan teknologi yang bernama Ethernet, tak sedikit juga yang menggunakan teknologi nirkabel yang digunakan untuk jaringan LAN tersebut.
MAN(Metropolitan Area Network)
MAN, mencakup wilayah hingga satu kota dengan kecepatan transfer data yang tinggi.
Dapat kita bilang, MAN atau Metropolitan Area Network merupakan gabungan dari beberapa jaringan LAN atau Local Area Network.
Jangkauan yang dimiliki oleh MAN berkisar 10 hingga 50 km. MAN hanya memiliki satu atau dua kabel saja, dan biasanya tidak dilengkapi dengan elemen tambahan agar lebih simple.
WAN(Wide Area Network)
World Area Network, merupakan sebuah  jaringan yang memiliki jangkauan daerah yang cukup luas, ukurannya bisa sebuah Negara atau bahkan Benua.
WAN, pada umumnya digunakan sebagai penghubung dua atau lebih dari jaringan lokal, sehingga pengguna dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lainnya walaupun berada di lokasi yang berbeda.
 PAN (Pearson Area Network)
Sama seperti jaringan LAN, PAN biasanya mencakup wilayah yang lebih kecil seperti misalnya jaringan rumah atau kantor. Biasanya jenis jaringan ini digunakan untuk berbagi resources seperti Internet atau printer.

CAN (Campus Area Network)
CAN bisa dibilang mirip dengan MAN, tetapi terbatas pada universitas atau akademi. Jaringan ini biasanya disiapkan untuk kegiatan pendidikan seperti pembaruan kelas, praktik lab, email, ujian, pemberitahuan, dan lain lain.

>Istilah-istilah Jaringan Dasar :
  • Topologi : Suatu metode atau cara untuk menghubungkan komputer yang satu dengan yang lainnya agar terbentuk menjadi jaringan komputer
  • Protokol : Sekelompok aturan dan sinyal yang digunakan oleh komputer pada jaringan untuk berkomunikasi
  • Network Interface Card (NIC) : Expansion Board yang digunakan supaya komputer dapat dihubungkan dengan jaringan 
  • Blackbone : saluran atau koneksi berkecepatan tinggi yang menjadi lintasan utama dalam sebuah jaringan
  • Bandwith : Bandwith menunjukan kapasitas dalam membawa informasi.istilah ini dapat digunakan dalamn banyak hal seperti telepon, jaringan kabel, bus, sinyal, frekuensi radio dan monitor
  • Bridge : peranti yang meneruskan lalu lintas antara segmen jaringan berdasar informasi pada lapisan data link.
  • DNS : lapisan yang menerjemahkan domain internet, seperti www.microsoft.com menjadi lkata internet,yaitu serangkaian nomor yang terlihat seperti 101.232.12.5
  • Ethernet : adalah protokol LAN yang dikembangkan oleh xerox corperation yang bekerja sama dengan Dec dan Intel pada tahun 1976.Ethernet menggunakan topologibus atau star dan mendukung transfer data sampai dengan 10 Mbps.
  • Fast Ethernet : Fast Ethernet seperti Ethernet biasa, namun dengan kecepatan transfer data yang lebih cepat sampai dengan 100 Mbps 
  • Gateway : istilah Gateway ,menunjuk pada hardware atau software ytang menjembatani dua alpikasi atau jaringan yang tidak kompatibel, sehingga data dapat ditransfer antar komputer yang berbeda-beda
  • Internet : Internet adalah jaringan global yang menghubungkan jutaan komputer. Sejak 1999 Internet telah memiliki 200 juta pemakai di seluruh dunia, dan jumlah ini meningkat cepat. Lebih dari 100 negara terhubung dengan Internet untuk menukar data, berita, dan informasi lainnya. Setiap komputer yang terhubung dengan Internet disebut host.
  • Repeater : Suatu perangkat yang dipasang di titik-titik tertentu dalam jaringan untuk memperbarui sinyal-sinyal yang di transmisikan agar mencapai kembali kekuatan dan bentuknya yang semula, guna memperpanjang jarak yang dapat di tempuh. Ini di perlukan karena sinyal-sinyal mengalami perlemahan dan perubahan bentuk selama transmisi.
  • Router : Suatu perangkat yang berfungsi menghubungkan suatu LAN ke suatu internetworking/WAN dan mengelola penyaluran lalu-lintas data di dalamnya. Routing : Proses dari penentuan sebuah path yang di pakai untuk mengirim data ke tujuan tertentu  
  •  VPN : VPN (virtual private network) adalah koneksi internet pribadi yang aman dan terenkripsi untuk menjamin bahwa hanya pengguna yang berhak yang dapat mengaksesnya dan trasfer data yang dilakukan tidak dapat diganggu.
  • Server : Suatu unit yang berfungsi untuk menyimpan informasi dan untuk mengelola suatu jaringan komputer.komputer server akan melayani seluruh client atau worstation yang terhubung ke jaringannya.
  •  UTP : UTP (Unshielded Twisted Pair) adalah jenis kabel yang terdiri dari dua kawat tak terbungkus yang berpilin. Kabel UTP banyak digunakan pada local-area networks (LANs) dan sambungan telepon karena harganya lebih murah. Kabel UTP tidak sebaik kabel koaksial dan serat optik dalam hal penyediaan banwidth dan ketahanan terhadap interferensi 
  • Wi-Fi : Wi-Fi Wireless Fidelity adalah nama dagang resmi untuk IEEE 802.11b yang dibuat oleh Wireless Ethernet Compatibility Aliance (WECA). Istilah Wi-Fi menggantikan 802.11b seperti halnya istilah Ethernet menggantikan IEEE 802.3. Produk yang disertifikasi oleh WECA sebagai Wi-Fi dapat beroperasi bersama meskipun dibuat oleh perusahaan yang berbeda. 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

* { margin:0; padding:0; font-family: sans-serif; } nav { width:75%; height:70px; border:5px solid; line-height: 50px; } nav ul li { width:13%; height:60px; border:5px solid; float: left; list-style: none; text-align: center; } nav ul li:hover ul { display: block; } nav ul li ul { display: none; } nav ul li ul li { width:120%; height:55px; border:5px solid; }